Selasa, 28 Oktober 2014

Hati-hati, Spons Cuci Piring Bisa Jadi Sumber Penyakit Nomor Satu di Rumah


              Memiliki dapur yang bersih memang merupakan salah satu kunci sederhana untuk menjaga kesehatan keluarga. Dapur merupakan tempat dimana berbagai hidangan dibuat untuk memenuhi gizi setiap anggota keluarga. Sehingga menjaga kebersihannya dapat meminimalisir jumlah bakteri sumber penyakit yang dapat masuk ke tubuh melalui makanan.


Namun ternyata menjaga kebersihan dapur secara fisik saja tidak cukup. makalahtentang.com

Anda tetap harus memperhatikan kebersihan alat-alat kelengkapan dapur terutama spons pencuci piring. Secara tak terduga bakteri penyebab penyakit dapat masuk ke tubuh anggota keluarga lewat benda ini.

 Spons yang telah dipakai lebih dari tiga hari dan disimpan dalam keadaan lembab atau basah adalah tempat hidup ideal bagi bakteri Escherichia Colli, Listeria dan Salmonella. Bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan, gangguan pencernaan, diare, disentri, radang usus hingga typhus. Setiap satu inci persegi spons pencuci piring dapat mengandung 134.630 bakteri-bakteri tersebut.

 Penyebaran bakteri-bakteri tersebut dapat terjadi dengan mudah ketika proses mencuci piring. Saat spons digunakan untuk mengangkat sisa makanan, kotoran dan lemak pada piring, gelas, sendok garpu atau perabot masak, secara otomatis ratusan bakteri yang hinggap juga dilepaskan kepermukaan benda-benda tersebut.

 Ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghindari penyebaran bakteri penyebab penyakit lewat spons pencuci piring. Bedakan spons yang digunakan untuk mencuci piring dan perabot masak dengan spons untuk membersihkan permukaan meja dapur atau bak cuci piring.

 Spons pencuci piring harus dibersihkan dari sisa makanan atau kotoran dan dicuci setelah digunakan. Rendam spons dalam air jeruk nipis atau lemon dan cuci dengan sabun pencuci piring. Coba keringkan spons yang masih basah menggunakan microwave. Cara ini dinilai efektif menghilangkan bakteri hingga 99%.

 Untuk praktisnya Anda juga dapat menggunakan Sunlight Anti Bacterial dengan ekstrak lemon dan mint. Hanya dengan beberapa tetes Sunlight Anti Bacterial Anda dapat membersihkan lemak membandel pada piring dan perabot masak sekaligus mengurangi kemungkinan bakteri hinggap dan berkembang dalam spons cuci piring.

 Ekstrak lemon dan mint yang menjadi kandungan utama sabun pencuci piring ini memang memiliki kemampuan anti bakteri yang 100 kali lebih efektif mengurangi bakteri berbahaya yang menempel pada spons. Perabot dapur bersih, keluarga pun terlindung dari ancaman penyakit akibat bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar